Kumpulan contoh dialog bahasa inggris pendek, materi speaking English yang mudah dan cepat, menaklukkan kesulitan grammar dan tenses bahasa Inggris, contoh jenis text beserta arti dan generic structure nya, serta pengertian functional text untuk berlatih speaking English dengan cepat.

6 Contoh Procedure Text Singkat dan Artinya TERBARU

Procedure text adalah jenis teks instruksi tentang tata cara melakukan sesuatu. Inilah 6 contoh terbaru procedure text bahasa Inggris beserta artinya. Banyak sudah pembahasan jenis teks instruksi ini, namun karena sifatnya yang sangat fungsional, maka kita sajikan bahan belajar bahahsa Inggris dengan 6 teks procedure terbaru ini..

Semua contoh teks procedure bahasa Inggris ditulis dan disusun dari struktur kalimat imperative. Mempelajari bahasa Inggris di sekolah menengah banyak berhubungan dengan berbagai macam jenis teks. Cara memahamai perbedaan jenis jenis teks bahasa Inggris itu bisa dilihat dari generic structure nya.  Adapun  struktur teks procedure adalah:
1. Goal: Tujuan ditulisnya sebuah instruksi melakukan sesuatu
2. Materials: Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu
3. Steps: Langkah langkah yang ditubuthkan untuk menyelesaikan suatu prosedur.

Meski begitu dalam banyak tulisan instruksi yang sebenaranya baik berupa manual guide, resep cara memasak, cara menggunakan, dan mengoperasikan suatu alat, unsur generic structure diatas tidak selamanya bisa ditemukan, seperti material dan peralatan. Unsur ini kadang dianggap tidak perlu disebutkan lagi karena sudah dimaklumi.
susunan pararaf teks prosedure bahasa Inggris
Generic Structure atau pola susunan paragraf dakam teks prosedure
Tanda paling gampang untuk diketahui dalam menentukan teks procedure adalah dengan melihat judulnya. Umumnya procedure text dalam bahasa Inggris memiliki judul dengan awalah "How To..". Baiklah biar tidak lama langsung saja kita lihat 6 contoh teks prosedur atau instruksi pendek berbahasa Inggris lengkap dengan artinya .

1. How to Make Bottle Rocket
Chemical reactions happened on everything we found in life. There are certain substances that can produce huge amounts of gas when mixed with other substances. The combination of substance that can produce gas can be used for giving a bottle rocket the power to fly. Creating a plastic bottle rocket is not hard. You just have to provide an acidic substance, such as concentrated lemon juice and alkaline substance, such as baking soda. When those two substances are combined, you will have enough gas to help the plastic bottle fly into the air.

There are some things you need to collect, which are:
1. plastic bottle
2. paper towel
3. Lemon juice
4. baking soda
5. cork
6. rubber band
7. string

Fill the plastic bottle with concentrated lemon juice halfway up. Take a sheet of paper towel and place it on the table. Put about 4 tablespoons of the baking soda in the middle of the paper towel. Pull up the sides of the paper towel into a pouch. Do not forget to wrap it with a rubber band to secure it. Tape the string onto the end of the cork. Put the bottle on the ground, slip the paper towel pouch into it and quickly put the cork into the bottle mouth. The baking soda will be released when the paper towel dissolves. The lemon juice inside the bottle will react with the baking soda. It produces gas that will pop the cork like a small rocket.

Artinya
Reaksi kimia terjadi pada segala sesuatu yang kami temukan dalam hidup. Ada zat tertentu yang dapat menghasilkan sejumlah besar gas bila dicampur dengan bahan lain. Kombinasi dari zat yang dapat menghasilkan gas dapat digunakan untuk memberikan kekuatan untuk terbang roket botol. Menciptakan botol plastik roket tidaklah sulit. Anda hanya perlu memberikan zat asam, seperti jus lemon terkonsentrasi dan zat basa, seperti baking soda. Ketika dua zat tersebut digabung, Anda akan memiliki cukup gas untuk membantu botol plastik yang terbang ke udara.

Ada beberapa hal yang Anda perlu untuk mengumpulkan, yaitu:
1 plastik botol
2. kertas handuk
3. jeruk
4. baking soda
5. cork
6. karet
7. string

Mengisi botol plastik dengan jus lemon terkonsentrasi tengah. Mengambil selembar kertas handuk dan meletakkannya di atas meja. Letakkan sekitar 4 sendok makan baking soda di serbet kertas. Menarik sisi serbet kertas ke dalam kantong. Jangan lupa untuk bungkus dengan karet gelang untuk mengamankan itu. Kaset string ke ujung gabus. Menempatkan botol di tanah, slip kertas handuk kantong ke dalamnya dan dengan cepat menempatkan gabus ke mulut botol. Baking soda akan dilepaskan ketika serbet kertas larut. Jus lemon dalam botol akan bereaksi dengan baking soda. Ini menghasilkan gas yang akan pop gabus seperti roket kecil.

2. How to Make a Handkerchief
Requirements
1. Cotton fabric
2. Scissors
3. Sewing machine
4. Thread in the same color of the fabric
5. Needles

How to Make
• Using scissors, cut the fabric into 20 cm x 20 cm (L x W)
• Fold thinly the edge of the fabric twice and use needle to hold it.
• Do the same thing with the other edges of the fabric. Pay attention to the corner and make sure it comes clean and uncluttered.
• Prepare the sewing machine and put the thread.
• Sew the edges of the fabric carefully.

Artinya
Persyaratan
1. kapas fabric
2. gunting
3. mesin jahit
4. thread dalam warna yang sama dari kain
5. jarum

Cara membuat
• Menggunakan gunting, potong kain 20 cm x 20 cm (L x W)
• Melipat ujung kain tipis dua kali dan menggunakan jarum untuk menahannya.
• Melakukan hal yang sama dengan tepi lain kain. Membayar perhatian ke sudut dan pastikan itu datang bersih dan rapi.
• Mempersiapkan mesin jahit dan menempatkan benang.
• Menjahit tepi kain dengan hati-hati.


3. How to Make Artificial Aquarium Rock
Making our own rocks for aquarium is a fun and easy activity. The price we need is also quite cheap and moreover, we can get the design we wanted. When we want to make aquarium rock, it is suggested to use non-toxic materials. Artificial aquarium rock is also easy to make using specific instructions below.

The first thing we need to prepare is Portland cement that can be found at most hardware stores. Then, we need to mix three parts of fine gravel or play sand with one part cement together. We have to mix those materials into a ball. To make a coral reef rock, we need to add additional fine gravel to the mixture.

Place the rock mold mixture into a container. We need to make a hole that will make it sinks underwater. Plastic or rubber molds can be used if we want to create a specific rock shape. Let the mixture harden for at least 6 weeks.

If we want to have a specific color, we can paint the artificial rock when it has hardened. It is suggested to use a non-toxic paint for the fish safety. Before we put the rock in the aquarium, we have to make sure that there are no excess paint or ingredient chemicals by placing the rock in a child’s pool or bathtub for some minutes.

Artinya
Membuat kita sendiri batu untuk aquarium adalah yang menyenangkan dan kegiatan yang mudah. Harga yang kita perlu juga cukup murah dan Selain itu, kita bisa mendapatkan desain yang kita inginkan. Ketika kita ingin membuat batu akuarium, disarankan untuk menggunakan bahan-bahan beracun. Batu akuarium buatan ini juga mudah untuk membuat menggunakan petunjuk khusus di bawah ini.

Hal pertama yang kita perlu menyiapkan adalah semen Portland yang dapat ditemukan di sebagian toko hardware. Kemudian, kita perlu mencampur tiga bagian kerikil baik atau bermain pasir dengan satu bagian semen bersama-sama. Kita harus mencampur bahan-bahan tersebut menjadi bola. Untuk membuat batu karang, kita perlu menambahkan tambahan halus kerikil ke dalam campuran.

Tempatkan campuran cetakan batu ke dalam sebuah wadah. Kita perlu membuat lubang yang akan membuatnya tenggelam di bawah air. Plastik atau karet cetakan dapat digunakan jika kita ingin membuat bentuk batu tertentu. Biarkan campuran mengeras selama setidaknya 6 minggu.

Jika kita ingin memiliki warna tertentu, kami dapat melukis batu buatan ketika itu telah mengeras. Disarankan menggunakan cat beracun untuk keselamatan ikan. Sebelum kita meletakkan batu di akuarium, kita harus memastikan bahwa tidak ada kelebihan cat atau bahan kimia dengan menempatkan batu di anak kolam renang atau bak mandi untuk beberapa menit.

4. How to Make Decorative Planter in a Jar
Planter in a jar is a good decoration for your desk that brings freshness to the room. It is very easy to make and do not cost much.

Material Needed
1. Glass Jar
2. Spray Paint
3. Fertilized Soil
4. Small flower plant
5. Small rocks or pebbles
6. Water

How to Make It
• Clean and dry the jar both inner and outer side.
• Spray the paint in the outer side of the jar. You can paint it half height or overall surface. You can use one color or multi color, as you feel it better.
• Sit the jar to let the paint dry completely.
• Put soil into the jar until third quarter of the height.
• Make a hole in the soil and plant your flower plant. Cover the root of your plant with soil and give a little push so the plant could stand.
• Sprinkle water to moist the soil.
• Put small rocks or pebble at the inner line of the jar. Do not cover all surfaces with rocks, just the edge and not the central part.
• Your planter is ready.

Artinya
Penanam dalam botol adalah hiasan yang baik untuk meja Anda yang membawa kesegaran ke kamar. Hal ini sangat mudah untuk membuat dan tidak biaya banyak.

Bahan yang dibutuhkan
1. gelas
2. cat semprot
3. dibuahi tanah
4. kecil bunga tanaman
5. kecil batu atau kerikil
6. air

Cara membuatnya
• Bersih dan kering jar batin dan sisi.
• Semprot cat di sisi luar guci. Anda dapat cat itu setengah tinggi atau permukaan secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan satu warna atau warna multi, ketika Anda merasa lebih baik.
• Duduk jar untuk membiarkan cat kering sepenuhnya.
• Memasukkan tanah ke dalam guci sampai kuartal ketiga dari ketinggian.
• Membuat lubang di dalam tanah dan tanaman tanaman bunga Anda. Tutup akar tanaman Anda dengan tanah dan memberikan dorongan sedikit sehingga tanaman bisa berdiri.
• Taburi air untuk kelembaban tanah.
• Menempatkan batu-batu kecil atau kerikil baris batin dari jar. Tidak mencakup semua permukaan dengan batu-batu, hanya tepi dan tidak bagian tengah.
• Perkebunan Anda sudah siap.

5. How to Make Beaded Bracelet
Beaded bracelets are back on trend. If you want to wear special bracelet, make it yourself. Here is how to make beaded bracelet yourself.

Materials and Tools Needed
1. Beads (any color, any size, any shape you like)
2. Jewelry nylon 13-14”
3. 2-pcs Double-cup bead tip
4. 2-pcs clasp
5. 1-pc jump ring
6. 1 bead needle
7. Pliers
8. Charms (optional)
9. Extended chain (optional)

Step-by Step Instructions:
• Measure your wrist and cut nylon string with about 1 and a half length needed. You need longer nylon for the knot.
• Thread the string to the needle.
• Add double-cup bead tip to one of the string’s ends, make double knot, and close the cup using pliers.
• Thread the beads beautifully. You can add charms in the middle to make it more beautiful.
• When you get it long enough, measure it on your wrist. Add more beads if it not enough and reduce if it too long.
• Once you get the desired length, add double-cup bead tip at the end, make double not, and close it. Cut unwanted string.
• Add clasp at one end and close it using pliers.
• Add clasp at another end, add jump ring to the clasp, and close the clasp with pliers.

Artinya
Gelang manik-manik adalah kembali pada tren. Jika Anda ingin memakai gelang khusus, membuatnya sendiri. Berikut adalah cara untuk membuat gelang manik-manik diri Anda.

Bahan dan alat yang diperlukan
1. beads (setiap warna, ukuran, bentuk apapun yang Anda suka)
2. perhiasan nilon 13-14"
3. 2-pcs Double-Piala manik tip
4. 2-pcs gesper
5. 1-pc melompat cincin
6. 1 manik jarum
7. Tang
8. pesona (opsional)
9. diperluas jaringan (opsional)

Langkah-oleh petunjuk langkah:
• Mengukur pergelangan tangan Anda dan memotong tali nilon dengan tentang 1 dan setengah panjang diperlukan. Anda memerlukan nilon lagi untuk simpul.
• Thread string untuk jarum.
• Menambahkan manik-manik ganda-Piala tip ke salah satu string's berakhir, membuat simpul ganda, dan menutup cangkir menggunakan Tang.
• Thread manik-manik indah. Anda dapat menambahkan pesona di tengah untuk membuatnya lebih indah.
• Ketika Anda mendapatkannya cukup lama, mengukur itu di pergelangan tangan Anda. Menambahkan manik-manik lain jika itu tidak cukup dan mengurangi jika itu terlalu lama.
• Setelah Anda mendapatkan panjang yang diinginkan, menambahkan manik-manik ganda-Piala tip pada akhir, membuat ganda tidak, dan menutupnya. Potong tali yang tidak diinginkan.
• Tambahkan gesper di satu ujung dan menutupnya menggunakan Tang.
• Tambahkan gesper pada akhir lain, menambahkan cincin melompat ke gesper, dan menutup gesper dengan Tang.
6. Procedure Text - Using Tape Recorder
To use your milligram tape recorder, follow this easy instruction.
First, put the tape in the machine then push the play button
Next, adjust the volume. To record with your new tape recorder, just push the record button.
Then speak into the microphone. Push the rewind button to rewind the tape
Next, push play to listen to your recording.

Arti Procedure Text - Using Tape Recorder
Untuk menggunakan perekam kaset milligram Anda, ikuti instruksi yang mudah ini.
Pertama, Tempatkan kaset dalam mesin tape lalu tekan tombol play
Selanjutnya, Atur volume. Untuk merekam dengan perekam kaset baru, tekan saja tombol record.
Kemudian berbicaralah dengan mikrofon. Tekan tombol rewind untuk memundurkan kaset
Selanjutnya, tekan tombol "play" untuk mendengarkan rekaman Anda.

Bagimana cukup lengkpa bukan? Itulah 6 contoh terbaru procedure text untuk belajar bahahsa Inggris di bangku sekoah SMA dan juga SMP. Masih kurang?  Mungkin, terjemahan  yang diberikanterdengar bagus dan tidak pas dari bahasa Inggris nya. Para pembaca bisa membantu admin memperbaiki hasil translation nya dengan cara memberikan komentar koreksi dibawah ini. Selamat belajar bahasa Inggris Online.

0 Response to "6 Contoh Procedure Text Singkat dan Artinya TERBARU"