Kumpulan contoh dialog bahasa inggris pendek, materi speaking English yang mudah dan cepat, menaklukkan kesulitan grammar dan tenses bahasa Inggris, contoh jenis text beserta arti dan generic structure nya, serta pengertian functional text untuk berlatih speaking English dengan cepat.

Introducing Yourself and Others - Memperkenalkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Pelajaran introduction dalam bahasa Inggris itu dibagi menjadi 2 kategori. Pembagian ini meliputi siapa dan kepada siapa seseorang itu dikenalkan.
1. Introducing self (memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain)
2. Introducing others (memeperkenalakan orang lain kepada orang lainnya lagi)
Inilah materi panjang perkenlan atau itorduction beserta contoh dialog-dialog yang mugkin sesuai dengan kondisi interaksi sosial sebenanranya

Pengantar Introducing Self dalam Percakapan Bahasa Inggris
Contoh dialog bahasa Inggris tentang Introducing yourself adalah materi speaking kelas X SMA dan MA. Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris ini bisa memakai ungkapan • First let me introduce myself., • Allow me to introduce my self., dan • My name is ..... Ungkapan Introducing yourself tersebut bisa dipelajari dari video cara memperkenalkan diri berikut.


Arti kalimat dan frase yang digunakan pada contoh percakapan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris untuk kelas X sperti diatas bisa dilihat pada terjemahan Introducing yourself dibawah ini:
a. • First let me introduce myself.
• Pertama izinkan saya memperkenalkan diri.
b. • My name is ....
• Nama saya ....
c. • Allow me to introduce my self.
• Izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya.

Agar lebih mudah diingat ketika sedang berlatih memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, frasa dan kalimat Introducing yourself apa saja yang sering dipakai, perhatikan gambar ringkasan materi Introducing yourself dibawah ini!


Bagaimana cara melatih dialog dan percakapan Introducing yourself ini? Berlatih role play dengan topik Introducing yourself adalah salah satu cara yang paling bagus. Agar lebih jelas, cara memperkenalkan diri dan topik lainnya untuk pelajaran speaking English kelas X ini bisa dibaca pada artikel berikut.

Pengantar Introducing others dalam Percakapan Bahasa Inggris
Contoh dialog bahasa Inggris tentang Introducing someone adalah materi speaking kelas X SMA dan MA. Cara memperkenalkan seseorang dalam bahasa Inggris ini bisa memakai ungkapan • I would like to introduce you to ...., • I'd like you to meet ..., dan • Let me introduce you to .... Ungkapan Introducing someone tersebut bisa dipelajari dari video cara memperkenalkan seseorang berikut.


Arti kalimat dan frase yang digunakan pada contoh percakapan memperkenalkan seseorang dalam bahasa Inggris untuk kelas X sperti diatas bisa dilihat pada terjemahan Introducing someone dibawah ini:
a. • I would like to introduce you to ....
• Saya ingin memperkenalkan Anda ke ....
b. • Let me introduce you to ...
• Mari saya memperkenalkan Anda kepada ...
c. • I'd like you to meet ...
• Saya ingin Anda untuk bertemu ...

Agar lebih mudah diingat ketika sedang berlatih memperkenalkan seseorang dengan bahasa Inggris, frasa dan kalimat Introducing someone apa saja yang sering dipakai, perhatikan gambar ringkasan materi Introducing someone dibawah ini!
Gambar ungkapan contoh dialog Introducing someone

Bagaimana cara melatih dialog dan percakapan Introducing someone ini? Berlatih role play dengan topik Introducing someone adalah salah satu cara yang paling bagus. Agar lebih jelas, cara memperkenalkan seseorang dan topik lainnya untuk pelajaran speaking English kelas X ini bisa dibaca pada artikel berikut.

Contoh Percakapan Introduction dalam Bahasa Inggris
 Jenis percakapan dan dialog dalampembelajaran berbicara bahasa Inggris umumnya dibagi menjadi 2 jenis, formal dan informal. Pembagian ini berlaku hampir dalam semua kesempatan ketika belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris. Perhatikan  contoh percakan formal dan informal berikut

Formal Introduction
MARGARET: Mr. Wilson, I’d like you to meet Dr. Edward Smith.
MR. WILSON: It’s nice to meet you, Dr. Smith.
DR. SMITH: Pleasure to meet you, too.
MARGARET: Dr. Smith is an economist. He just finished writing a book on international trade.
MR. WILSON: Oh? That’s my field, too. I work for the United Nations.
DR. SMITH: In the Development Program, by any chance?
MR. WILSON: Yes. How did you guess?
DR. SMITH: I’ve read your articles on technical assistance. They’re excellent.

Terjemahan
MARGARET: Mr Wilson, saya ingin Anda untuk bertemu Dr Edward Smith.
Mr WILSON: It's nice untuk bertemu dengan Anda, Dr. Smith.
DR. SMITH: Senang bertemu Anda, terlalu.
MARGARET: Dr. Smith adalah seorang ekonom. Ia baru saja selesai menulis buku tentang perdagangan internasional.
Tn. WILSON: Oh? Itu adalah bidang saya, juga. Saya bekerja untuk Perserikatan Bangsa-bangsa.
DR. SMITH: Di the pengembangan Program, kebetulan?
Tn. WILSON: Ya. Bagaimana Anda menebak?
DR. SMITH: saya pernah membaca artikel Anda pada bantuan teknis. Mereka sangat baik.

Informal Introductions
JIM: Who’s the tall woman next to Barbara?
CHARLES: That’s her friend Mary. Didn’t you meet her at Steve’s party?
JIM: No, I wasn’t at Steve’s party.
CHARLES: Oh! Then let me introduce you to her now. Mary, this is my friend Jim.
MARY: Hi, Jim. Nice to meet you.
JIM: You, too. Would you like a drink?
MARY: Sure, let’s go get one.

Terjemahan
JIM: Siapakah wanita tinggi di sebelah Barbara?
CHARLES: Itulah dia teman Maria. Tidak Anda bertemu dengannya di Steve pesta?
JIM: Tidak, aku tidak di pesta Steve.
CHARLES: Oh! Kemudian Izinkan saya memperkenalkan Anda kepadanya sekarang. Maria, ini adalah teman saya Jim.
Maria: Hai, Jim. Senang bertemu dengan Anda.
JIM: Anda, terlalu. Anda ingin minum?
Maria: Tentu saja, mari kita pergi mendapatkan satu.

Setelah mengetahui jenis percakapan yang digunakan seperti apaka itu perkenalan formal atau tidak maka sekarang waktunya membacar berbagai macam contoh conversation English ketika berkenalan.

Contoh Dialog Perkenalan dalam Bahasa Inggris
Berikut diberikan sejumlah contoh percakapan yang rata rata terdiri dari 2 orang meskiun tidak menutup kemungkinan bisa digunakan antara 3 dan 4 orang terutam dengan topik perkelan diri atau memeperkenalakn orang lain dalam bahasa Inggris.

Dialog 1
Ranti meets her teacher, Mr Bakri at the post office.
Ranti : Good afternoon, Sir.
Mr Bakri : Good afternoon. You are ....
Ranti : Ranti, Sir. My name is Ranti. How are you?
Mr Bakri : I am fine, thank you. And how about you?
Ranti : I am fine, too.
Mr Bakri : Well, Ranti. I have to go now. Pleased to meet you.
Ranti : Pleased to meet you, too, Sir.

Artinya
Ranti bertemu guru, Mr Bakri di kantor pos.
Ranti: Selamat siang, Sir.
Mr Bakri: Selamat siang. Anda adalah...
Ranti: Ranti, Sir. Nama saya adalah Ranti. Bagaimana keadaanmu?
Mr Bakri: Aku baik-baik, terima kasih. Dan bagaimana dengan Anda?
Ranti: Aku baik-baik saja, juga.
Mr Bakri: Yah, Ranti. Saya harus pergi. Senang bertemu denganmu.
Ranti: Senang bertemu Anda

Dialog 2
Duwi : Hello, I’m Duwi. What’s your name?
Dian : Hello, Duwi. I’m Dian PerdAnna. Please call me Dian.
Duwi : Where do you live, Dian?
Dian : I live at Jl. Achmad Yani 27.
Duwi : Oh, do you?
Dian : Yes, I do.
Duwi : So, we are neighbours.
Dian : Are we?
Duwi : Yeah. I live at 8.

Artinya
Duwi: Halo, saya Duwi. Siapa namamu?
Dian: Halo, Duwi. Aku Dian PerdAnna. Silahkan hubungi saya Dian.
Duwi: Dimana Anda tinggal, Dian?
Dian: Aku tinggal di Jl. Achmad Yani 27.
Duwi: Oh, Apakah Anda?
Dian: Ya, saya lakukan.
Duwi: Jadi, kami adalah tetangga.
Dian: Apakah kita?
Duwi: Ya. Aku tinggal di 8.

Dialog 3
Sinto waiting for Ando and Yani, his new colleague at the airport.
Ando : Excuse me. Are you Henri?
Sinto : Yes. I'm Sinto Susanto.
Ando : How do you do, Sinto? I'm Ando from University of Jakarta.
Sinto : How do you do, Sinto. Nice to see you.
Ando : Nice to meet you, too. Did you have a good journey?
Sinto : Yes. It was fine, thanks.
Ando : Let me help you to bring your suitcase.
Sinto : That's very kind of you.
Ando : Not at all. Let me introduce you to my friend Yani this is Sinto. Sinto this is Yani.
Yani : Hello, Sinto. Nice to meet you.
Sinto : Pleased to meet you, too. How's the trip?
Yani : Well, It's nice and exciting.
Sinto : Great, then. You must be tired. I'll take you to the Hotel first.
Ando : OK. Thanks, Sinto.

Artinya
Sinto menunggu Ando dan Yani, koleganya baru di bandara.
Ando: Permisi. Apakah Anda Henri?
Sinto: Ya. Aku Sinto Susanto.
Ando: Bagaimana Anda lakukan, Sinto? Aku Ando dari Universitas Jakarta.
Sinto: bagaimana Anda lakukan, Sinto. Senang bertemu dengan Anda.
Ando: Senang bertemu Anda, terlalu. Apakah Anda memiliki perjalanan yang baik?
Sinto: Ya. Itu baik-baik saja, terima kasih.
Ando: Biarkan saya membantu Anda membawa koper Anda.
Sinto: Itu sangat baik hati.
Ando: tidak sama sekali. Izinkan saya memperkenalkan Anda kepada teman saya Yani ini adalah Sinto. Sinto ini adalah Yani.
Yani: Halo, Sinto. Senang bertemu dengan Anda.
Sinto: Senang bertemu Anda, terlalu. Bagaimana Apakah perjalanan?
Yani: Yah, itu bagus dan menarik.
Sinto: Besar, kemudian. Anda harus menjadi lelah. Saya akan membawa Anda ke Hotel pertama.
Ando: OK. Terima kasih, Sinto.

Dialog 4
Ando : Good morning. My name is Ando.
Molea : Good morning Ando. I’m Molea.
Ando : Molea, this is Bidu. We were classmates the Junior High School.
Molea : Hi, Bidu. How do you do?
Bidu : How do you do.
Ando : By the way, did you join pencak silat extracurricular activity in the Junior High School?
Molea : Yes, I did.
Ando : Oh, that’s great. Bidu and I have never joined it before.
Bidu : We hope you can help us.
Molea : Sure.
Ando : Okay, see you this afternoon.
Bidu : See you Molea.
Molea : See you.

Artinya
Ando: Selamat pagi. Nama saya adalah Ando.
Molea: Selamat pagi Ando. Saya Molea.
Ando: Molea, ini adalah Bidu. Kami adalah teman sekelas SMP.
Molea: Hi, Bidu. Bagaimana keadaanmu?
BIDU: bagaimana Anda lakukan.
Ando: omong-omong, Apakah Anda bergabung pencak silat ekstrakurikuler di SMP?
Molea: Ya, saya lakukan.
Ando: Oh, itu besar. BIDU dan aku tidak pernah telah bergabung sebelumnya.
BIDU: Kami berharap Anda dapat membantu kami.
Molea: yakin.
Ando: Oke, melihat Anda sore ini.
BIDU: Lihat Molea.
Molea: Melihat Anda.

Dialog 5
Budiman:    Hi! My name is Budiman. I am from Indonesia. What is your name?
Annastasia:    I’m Annastasia. You can call me Anna.
Budiman:    Where are you from, Anna? Spain?
Annastasia:    No, I’m from Denmark.
Budiman:    Oh really? It’s good country.
Annastasia:    Yeah, I know it.Budiman    By the way, nice to meet you, Anna.
Annastasia    Nice to meet you, too.
Budiman:    Are you studying here, Anna?  
Annastasia:    No, I’m not. I am just having holiday here.  
Budiman:    Oh, have you visited Sri Gethuk water fall in Yogyakarta? It’s good holiday destination.
Annastasia:    Well, it’s my plan. I am going to visit Sri Gethuk Waterfall next week. Many friends of mine suggested Sri Gethuk as holiday destination. They told me Sri Gethuk has wonderful place. So, I decided to visit this place to spend my holiday.
Budiman:    Yeah, it’s true. Sri Gethuk is wonderful place. Okay, I hope your holiday fun. Nice to talk to you. See you, Anna.
Annastasia:    Okay, See you.

Artinya
Budiman: Hi! Nama saya adalah Budiman. Saya dari Indonesia. Siapa namamu?
Annastasia: saya Annastasia. Anda dapat menghubungi saya Anna.
Budiman: Dimana Apakah Anda dari, Anna? Spanyol?
Annastasia: Tidak, saya dari Denmark.
Budiman: Oh benar-benar? Ini adalah negara yang baik.
Annastasia: Ya, aku tahu itu. Budiman omong-omong, senang bertemu Anda, Anna.
Annastasia senang bertemu Anda, terlalu.
Budiman: Yang Anda pelajari di sini, Anna?
Annastasia: Tidak, aku tidak. Saya hanya memiliki liburan di sini.
Budiman: Oh, Apakah Anda mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta? Ini adalah tujuan liburan baik.
Annastasia: Yah, itu adalah rencana saya. Aku akan mengunjungi Sri Gethuk Waterfall minggu depan. Banyak teman saya disarankan Sri Gethuk sebagai tujuan wisata. Mereka mengatakan kepada saya Sri Gethuk memiliki tempat yang indah. Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan liburan saya.
Budiman: Ya, memang benar. Sri Gethuk adalah tempat yang indah. Oke, saya berharap menyenangkan liburan Anda. Bagus untuk berbicara dengan Anda. Melihat Anda, Anna.
Annastasia: Oke, melihat Anda.

Dialog 6
Yoppi : Hey, Hanne. It’s good to see you here.
Hanne : Hi, Yoppi. Glad to see you too. Are you here for the interview?
Yoppi : Yes. Are you?
Hanne : Yes. I was called to come for the interview the other day.
Yoppi : Good, me too. Did you come all by yourself?
Hanne : Actually, My friend from the same university is here for the interview as well. Here, Yoppi, I would like you to meet my friend, Ando.
Yoppi : Oh, hello, my name is Yoppi. How do you do?
Ando : Hi, my name is Ando. How do you do
Yoppi : How are you, Ando?
Ando : I’m fine, thank you. And you?
Yoppi : I’m fine too. Thank you… So, you are from the same university as Hanne?
Ando : Yes, that’s true.
Yoppi : Were you his classmate?
Ando : No. Actually, we were in different faculty.
Yoppi : Oh, really?
Ando : Yes, I was from the faculty of communication while Hanne was from the faculty of Economics.
Hanne : Yes. We knew each other since we were in high school.
Yoppi : Oh, I see that… Well, Pardon me, I think I should get going for registration first. Pleased to meet you, Ando
Ando : Well, pleased to meet you too, Yoppi.
Yoppi : Bye, Hanne! See you around!
Hanne : Alright, see you!

Artinya
Yoppi: Hei, Hanne. Ada baiknya untuk melihat Anda di sini.
Hanne: Hi, Yoppi. Senang melihat Anda terlalu. Apakah Anda di sini untuk wawancara?
Yoppi: Ya. Apakah Anda?
Hanne: Ya. Aku dipanggil untuk datang untuk wawancara hari yang lain.
Yoppi: Baik, saya juga. Apakah Anda datang sendirian?
Hanne: Sebenarnya, teman saya dari Universitas yang sama adalah di sini untuk wawancara juga. Di sini, Yoppi, saya ingin Anda untuk bertemu teman saya, Ando.
Yoppi: Oh, Halo, nama saya adalah Yoppi. Bagaimana keadaanmu?
Ando: Hai, nama saya adalah Ando. Bagaimana keadaanmu
Yoppi: Bagaimana kabarmu, Ando?
Ando: Aku baik-baik, terima kasih. Dan Anda?
Yoppi: Aku baik-baik saja juga. Terima kasih... Jadi, Anda adalah dari Universitas yang sama sebagai Hanne?
Ando: Ya, itu benar.
Yoppi: Apakah Anda sekelasnya?
Ando: No. Sebenarnya, kita berada di Fakultas yang berbeda.
Yoppi: Oh, benar-benar?
Ando: Ya, saya adalah dari Fakultas komunikasi sementara Hanne dari Fakultas Ekonomi.
Hanne: Ya. Kami tahu satu sama lain karena kita berada di sekolah tinggi.
Yoppi: Oh, aku melihat bahwa... Yah, Maafkan saya, saya pikir saya harus pergi untuk pendaftaran pertama. Senang bertemu Anda, Ando
Ando: Well, senang bertemu dengan Anda juga, Yoppi.
Yoppi: Bye, Hanne! Melihat you around!
Hanne: Baiklah, senang berkenalan dengan Anda.

 Itulah materi dan contoh komplit introduction perkenalan dalam percakapan bahasa Inggris. Kunci sukses dalam belajar berbicara bahasa Inggris itu cukup sederhana praktek dan praktek. Maka dari itu, dengarkan, perhatikan, tirukan apa yang didengarakan dan ucapkan dengan lantang. Dengan cara repeat and repeat, proses belajar berbicara bahasa Inggris akan lebih singkat.

0 Response to "Introducing Yourself and Others - Memperkenalkan Diri Sendiri dan Orang Lain"